Iklan

Iklan

,

Iklan

Sosialisasi Ideologi Pancasila, M. Akyas : Ideologi Pancasila Adalah Kumpulan Nilai dan Norma

17 Februari 2023, 18:42 WIB


JATIAGUNG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Selatan, M Akyas melakukan sosialisasi dan pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan lebih ke pengenalan tentang berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila.

Sesuai Permendagri 71/2012 Tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan Pasal 1 Ayat 1.

Hal tersebut disampaikan Legislatif dari Fraksi PKS Dapil Jati Agung itu saat mensosialisasikan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang dipusatkan di Dusun 3 Desa Margo Mulyo, Kecamatan Jati Agung, Jumat, (17/2/23).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Margo Mulyo, Susanto beserta perangkat Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, Babinsa dan para tamu undangan.

Tampak Hadir anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi PKS, H Puji Sartono.

Dikatakan, Wawasan Kebangsaan Adalah Cara Pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan Wilayah yang dilandasi Pancasila UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika Dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila merupakan penjelasan umum dalam ideologi,” kata Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung Selatan itu dalam paparannya.

Ideologi yang bersumber pada nilai-nilai yang terkandung dalam lima pasal pancasila merupakan aturan mengenai moral, karenanya pelaksanaan harus berdasarkan pada keyakinan dan kesadaran penggunanya.

“Jika aturan pancasila sebagai ideologi negara dilanggar, maka hukuman berupa sanksi moral dan sanksi sosial harus bisa diterima,” ujarnya.

Dijelaskan, Pancasila sebagai ideologi negara mengalami masa perkembangan, seperti halnya di masa orde lama, orde baru dan era reformasi.

“Berbagai pihak dan ahli sepakat jika ideologi adalah kumpulan gagasan yang disepakati bersama dan merupakan ciri khas bangsa indonesia,” imbuhnya.

Bangsa indonesia bangga memiliki pancasila sebagai ideologi yang terkandung dalam kelima asas pancasila dijadikan sebagai patokan aturan oleh bangsa ini dalam berbuat di kehidupan masyarakat serta bernegara,” tutup Anggota komisi I DPRD Lampung Selatan itu. (*)

Iklan