Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Lamsel Jadi Kabupaten Terbaik Kategori Perencanaan Pembangunan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan Tahun 2023

29 Maret 2023, 14:11 WIB


BANDARLAMPUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Rua Jurai (PPD Saburai) sebagai Kabupaten Terbaik kategori Perencanaan Pembangunan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam acara Musrenbana Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2024 yang digelar di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, pada Rabu (29/3/2023).

Diketahui pada acara tersebut, kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2024 dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi, dengan mengusung tema “Pemantapan Transformasi Ekonomi dan Kualitas SDM Menuju Rakyat Lampung Berjaya”.

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T. menyampaikan, maksud dan tujuan Musrenbang yaitu sebagai forum lintas pemangku kepentingan pembangunan di daerah, untuk bersama-sama melakukan penajaman, penyelarasan serta penyepakatan terhadap rancangan RKPD Provinsi Lampung Tahun 2024.

Mulyadi Irsan menuturkan, tahapan dari pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2024 diawali dengan Konsultasi Publik secara daring dan luring pada 24 Januari 2023. Kemudian, dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat kabupaten/kota yang berlangsung pada 7-27 Maret 2023.

“Selanjutnya, input usulan kabupaten/kota melalui sipd.go.id mulai dari Februari hingga 21 Maret 2023, yang kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat provinsi secara daring dan luring pada tanggal 29 Maret 2023. Terakhir, desk pembahasan usulan kabupaten/kota yang telah di input dalam sipd.go.id pada tanggal 30 Maret 2023,” kata Mulyadi Irsan.

Lebih lanjut Mulyadi Irsan menyampaikan, pada momentum Musrenbang RKPD Provinsi Lampung Tahun 2024, diikuti kurang lebih sebanyak 222 peserta yang mengikuti secara offline dan online. Adapun, peserta terdiri dari Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung serta jajaran pemerintah daerah terkait.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengatakan, perencanaan pembangunan daerah merupakan satu kesatuan dari sistem perencanaan nasional. Untuk itu, dirinya meminta agar kabupaten/kota se-Provinsi Lampung bisa menyelaraskan program pembangunan daerah dengan program pusat.

“Tolong dipahami karena Lampung bagian dari Indonesia. Forum Musrenbang menjadi penting dalam merusmuskan sebesar apa dampak dan perencanaan itu dapat bermanfaat. Saya minta kabupaten/kota bisa menyoal hal-hal yang menjadi kepentingan nasional dan provinsi yang kemudian dituangkan dalam program pembangunan di kabupaten itu sendiri,” ujar Arinal.

Pada kesempatan tersebut, Arinal Djunaidi juga mengingatkan kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tetap memperhatikan hasil Musrenbang RKPD Tahun 2024 dalam menjalankan program-program pembangunan kedepan.

Mengingat, tahun 2024 merupakan tahun kelima yang merupakan tahun terakhir dalam pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2019-2024.

Jangan sampai, kata Arinal, program-program pembangunan yang sudah tertuang dalam Musrenbang RKPD Tahun 2024 diabaikan serta tidak memperhatikan poin-poin yang menjadi titik utama dalam pembangunan daerah.

“Jangan Musrenbang menjadi rutinas program yang seolah kita lakukan tapi tidak tertuang. Musrenbang muaranya APBD, karena sudah dibahas dalam bentuk saran, ide dan fakta yang terjadi di lapangan. Saya ingatkan semua OPD titik awalnya dari Musrenbang 2024. Perencanaan yg baik disusun memperhatikan hasil evaluasi pembangunan sebelumnya,” ujarnya. (Kmf)

Iklan