Iklan

Iklan

,

Iklan

Jelang Nataru, Pemkab Lamsel Cek Harga dan Stok Sembako di Sejumlah Pasar

12 Desember 2023, 12:08 WIB


KALIANDA – Jelang natal dan tahun baru, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan monitoring terkait harga dan ketersedian barang sembilan bahan pokok (sembako) di pasar Inpres Kalianda, Selasa (12/11/2023).

Didampingi KUPT pasar Inpres kalianda, Ella Agustianus, TPID bersama rombongan melakukan pengecekan ke sejumlah retail, mulai dari pedagang beras, minyak goreng hingga ke pedagang sayur lainnya.

TPID yang diketuai Darmawan mengatakan, harga bahan pangan pokok seperti beras, gula, dan minyak goreng cenderung stabil dan masih pada level yang dapat diakses oleh konsumen.


Namun, pada sektor sayur mayur mencatat adanya kenaikan harga yang cukup signifikan, terutama harga cabai yang saat ini sedang melonjak tinggi.

“Hari ini kita melaksanakan pemantauan harga-harga kebutuhan pokok. Jadi tugas kita adalah memantau harga-harga kebutuhan pokok. Diantaranya harga beras kita pantau masih stabil dan pasokan cukup. Kemudian, sayur-sayuran harga sedikit naik,” ujarnya.

Darmawan mengatakan, Pemkab Lampung Selatan akan terus memantau dinamika harga untuk mencegah lonjakan yang signifikan, dengan mengimplementasikan langkah-langkah pengendalian inflasi guna menjaga daya beli masyarakat.

“Tujuan dari pemantauan ini adalah sebagai bahan Pemkab untuk mengambil kebijaksanaan, intervensinya seperti apa nanti kalau dia harganya lebih tinggi,” imbuhnya.

Selain memantau pasar, tim gabungan pertama juga memantau stok dan masa kadaluarga di beberapa waralaba sekitar pasar. Monitoring tersebut juga dilakukan di pasar lainnya. (*)

Iklan