Iklan

Iklan

,

Iklan

21.203 Petugas KPPS se-Kabupaten Lamsel Resmi Dilantik

25 Januari 2024, 14:30 WIB

Suasana proses pelantikan KPPS Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda | Foto: istimewa

KALIANDA - Sebanyak 21.203 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Lampung Selatan, resmi dilantik, Kamis (25/01/2024).

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Partisipasi Masyarakat dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan, Irsan Didi mengatakan, pelantikan itu dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Pelantikan dan pengambilan sumpah itu, kata Didi, berlangsung di sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing desa/kelurahan dan terhubung langsung ke KPU RI via Zoom.

"Mereka dilantik serentak oleh ketua PPS masing-masing desa atau kelurahan. Rinciannya ada 21.203 orang petugas KPPS untuk 3.029 TPS se-Lampung Selatan. Masing-masing TPS ada 7 orang KPPS. Pelantikan itu juga ada 4 titik zoom langsung dengan KPU RI," kata Irsan Didi kepada Lamsel.id.

Untuk tahap selanjutnya, lanjut Didi, petugas KPPS akan menjalani bimbingan teknis (Bimtek) terkait soal penugasan pada pemilu 2024.

"Tahap selanjutnya nanti mereka akan ikut bimtek. Jadwalnya besok tanggal 26 sampai 30 Januari akhir bulan ini. Untuk jadwalnya nanti mungkin tinggal menyesuaikan, karena kita juga ada pendistribusian logistik," ujar Didi.

Sementara itu, Ketua KPU Lampung Selatan Ansurasta Razak mengatakan, bahwa petugas KPPS merupakan ujung tombak dalam menyukseskan jalannya Pemilu. Untuk itu, kata dia, petugas KPPS diharapkan mampu menjalankan apa yang menjadi tugas pokoknya.

"Semoga amanah dalam menjalankan tugas, bekerjalah sesuai regulasi, sehingga dapat menjalankan proses-proses tahapan kepemiluan dengan sebaik-baiknya," kata Aan. (Red)

Iklan