Iklan

Iklan

,

Iklan

Arus Mudik Lebaran, Truk Golongan VII - IX Dialihkan ke Pelabuhan BBJ, Simak Tanggal dan Rute Lainnya!

12 April 2023, 05:09 WIB


BAKAUHENI - Pada puncak arus mudik lebaran 1444 H, pelayanan truk golongan VII sampai dengan IX di lintas penyeberangan Merak - Bakauheni bakal dialihkan melalui penyeberangan PT. Bandar Bakau Jaya (BBJ).

Hal itu untuk mengantisipasi peak season atau biasa disebut puncak arus mudik pada periode angkutan lebaran tahun 2023. Pengalihan pelayanan itu akan dimulai pada tanggal 15 sampai dengan 21 April 2023.

Manajer PT. BBJ, Tatang Rohadi mengatakan, untuk angkutan truk pada arus mudik tahun 2023, pelabuhan Bandar Bakau jaya saat ini telah menyiapkan 5 unit armada. "5 unit kapal siap melayani," kata Tatang kepada lamsel.id, Rabu (12/04/2023).

Dilansir dari laman asdp.id, Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno saat ini telah menyediakan total 7 dermaga existing di Pelabuhan Merak serta penambahan 6 dermaga di Ciwandan.

Pengendara roda 2 dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada tanggal 15-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk tanggal 19-21 April 2023.

Adapun untuk kendaraan truk golongan VB, pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak akan dilayani hanya pada tanggal 15-17 April 2023. Sehingga, untuk yang ingin menyeberang dari tanggal 18-21 April akan dialihkan menuju Pelabuhan Ciwandan.

Sementara itu, bagi truk golongan VII sampai dengan golongan IX akan dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) sejak tanggal 15-21 April 2023.

Jumlah kapal yang beroperasi di pelabuhan perbantuan antara lain Pelabuhan Ciwandan sebanyak 11 Kapal RoRo, 2 Kapal ALP, dan 1 Kapal Pelni sedangkan pada Pelabuhan BBJ sebanyak 5 unit kapal.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, pengguna jasa penyeberangan kapal ferry khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk diwajibkan membeli tiket Lebaran mulai dari sekarang, karena tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi dan web Ferizy sejak H-60 sebelum keberangkatan.

"Kami ingatkan kembali bahwa pembelian tiket melalui aplikasi resmi Ferizy selambat-lambatnya H-1 sebelum tanggal keberangkatan, karena sudah tidak ada lagi penjualan tiket di area pelabuhan," tutur Ira lagi. (*)

Iklan