Iklan

Iklan

,

Iklan

Hadiri Ruat Laut, Bupati Nanang Salurkan Bantuan Perahu dan BLT BBM Bagi Nelayan

28 Desember 2022, 12:17 WIB


KALIANDA - Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, menghadiri acara silahturahmi dan doa bersama (Ruat Laut) dengan rukun nelayan yang ada di wilayah Kabupaten setempat, Rabu (28/12/2022).

Sebanyak 29 rukun nelayan dari tujuh Kecamatan pesisir di Lampung Selatan hadir pada acara yang berlangsung di PPI Dermaga Bom Kalianda.

Selain doa bersama dan ceramah, kegiatan juga diisi dengan penyerahan bantuan berupa perahu ketinting dan bantuan BLT BBM bagi nelayan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Selatan, Dwi Jatmiko menerangkan, bantuan yang diserahkan berupa perahu ketinting berkapasitas 5 GT sebanyak 12 unit kepada nelayan di lima kecamatan, dan 1000 BLT BBM bagi masyarakat nelayan tidak mampu.

"Bantuan-bantuan yang diterima oleh teman-teman nelayan berupa bantuan perahu ketinting 12 unit, untuk nelayan Kecamatan Kalianda, Rajabasa, Ketapang, Bakauheni, dan Sidomulyo," terang Dwi Jatmiko.

Ia menyebut, selain bantuan perahu masyarakat nelayan juga mendapatkan BLT BBM senilai 900 ribu rupiah untuk 1000 nelayan tidak mampu, sebagai upaya menanggulangi dampak inflasi di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kita mendapat anggaran untuk membantu nelayan dalam bentuk BLT BBM untuk 1000 orang nelayan yang kurang mampu dengan jumlah bantuannya 900 ribu perorang,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyambut baik kegiatan Ruwat Laut kembali dilakukan. Dengan begitu, kata Nanang tentu akan semakin menguatkan jalinan silaturahmi dan menambah kerukunan nelayan di Kabupaten Lampung Selatan.

"Slogan 'Nelayan Jaga Laut, Laut Jaga Nelayan', jangan hanya simbolis saja. Tetapi bagaimana kita harus benar benar menjaganya," ucap Nanang.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Pemerintah sendiri, baik Pusat maupun Daerah telah memberikan perhatian besar terhadap para nelayan. Hal ini dibuktikan dengan bantuan-bantuan yang telah disalurkan guna mendukung kegiatan para nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapannya.

"Jaga dan rawat dengan baik, sehingga terjaga kondisinya, dan kepada bapak ibu penerima manfaat Bansos, saya juga berharap BLT ini dapat bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhannya sehari-hari," pungkasnya. (Red)

Iklan