Iklan

Iklan

,

Iklan

Askab PSSI Lampung Selatan Gelar Kepelatihan Wasit Lisensi C2 dan C3

12 Mei 2023, 12:43 WIB

Dok. Askab PSSI Lampung Selatan
KALIANDA - Assosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Lampung Selatan, menggelar kepelatihan wasit lisensi C2 dan C3.

Pelatihan wasit yang berlangsung di Stadion Radin Intan Kalianda itu sudah berjalan sejak Senin 8 Mei 2023 lalu, dan akan berakhir pada Minggu 14 Mei 2023.

Ketua pelaksana, Juher melaporkan, kepelatihan wasit tersebut menghadirkan dua orang instruktur, yakni Oleh Hadi dan Fahrizal M Kahar. Keduanya merupakan instruktur pelatih wasit Nasional dari PSSI pusat.

Sementara kegiatan itu, kata Juher diikuti sebanyak 30 peserta, dengan rincian 29 peserta berasal dari Provinsi Lampung dan 1 peserta berasal dari Kota Bekasi Jawa Barat.

"Semuanya 30 peserta. Masing-masing 24 orang untuk C3 dan 6 orang untuk C2," kata Juher, saat ditemui Lamsel.id di Stadion Raden Intan, Jum'at (12/05/2023).

Pria yang sudah menyandang wasit lisensi C1 sejak 2017 ini menjelaskan, untuk para peserta yang lulus pada ujian kepelatihan wasit nantinya bisa memimpin event pertandingan sepak bola, mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Provinsi.

"Untuk lisensi C2 nantinya bisa memimpin pertandingan tingkat Provinsi. Sedangkan C3 untuk event ditingkat daerah Kabupaten," ujar Juher.

Sementara itu, Ketua Askab PSSI Lampung Selatan, Wawan Nur Ikhsan mengatakan, bahwa giat tersebut merupakan salah satu program PSSI Lampung Selatan. Dimana kata dia, hal ini guna meningkatkan SDM wasit di Lampung, khususnya di Lampung Selatan.

"Ini salah satu program atau agenda PSSI Lampung Selatan. Alhamdulillah PSSI pusat menyetujui. Kepelatihan ini kita buka secara umum, jadi peserta tidak hanya dari Lampung Selatan saja. Ada 9 peserta dari Lamsel, selebihnya dari kabupaten/kota lain. Intinya, tujuan kita setiap daerah nanti memiliki wasit-wasit yang berkompeten," pungkasnya. (Red)

Iklan