Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Lamsel Gelar Seleksi STQ ke-IV Tingkat Kabupaten

02 Mei 2023, 13:54 WIB


KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) melaksanakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-IV tingkat Kabupaten Lampung Selatan tahun 2023.

Kegiatan STQ tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, di Aula Rajabasa kantor bupati setempat, Selasa siang (2/5/2023).

Kepala Bagian Kesra Setdakab Lampung Selatan Firmansyah selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan, STQ ke-IV tersebut diikuti oleh kafilah dari 17 kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan, dengan jumlah peserta 238 orang dan 1 orang official.

“STQ ke-IV ini akan dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 2 hingga 5 Mei 2023. Pelaksanaan STQ bertempat di GOR Way Handak, Aula Kantor Kemenag Lampung Selatan dan MAN 1 Kalianda,” ujar Firmansyah.

Firmansyah menyampaikan, kegiatan STQ bertujuan sebagai syiar untuk lebih memasyarakatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an, meningkatkan kemampuan seni baca dan mendalami isi kandungan Al-Qur’an dan sebagai sarana untuk menyeleksi qori-qoriah dan hafiz-Hafizah yang mempunyai prestasi.

“Hasil seleksi ini kemudian nantinya untuk disiapkan, dibina dan dilatih dalam rangka menghadapi MTQ ke-50 tingkat Provinsi Lampung. Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi para khalifah Lampung Selatan dalam semangat ukhuwah islamiyah,” kata Firmansyah.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kabupaten Lampug Selatan Thamrin sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an tersebut.

Thamrin berharap dalam seleksi ini akan terjaring para qori dan qoriah berprestasi yang akan mewakili Kabupaten Lampung Selatan pada ajang Tilawatil Quran tingkat Provinsi Lampung.

“Saudara-saudara semua pasti telah mempersiapkan diri sebaik mungkin dan mempunyai kemampuan untuk bersaing secara benar dengan peserta seleksi lainnya,” ujar Thamrin.

Lebih lanjut Thamrin menyampaikan, melalui penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran atau STQ ke-IV tingkat Kabupaten Lampung Selatan, dapat menjadi sarana berikhtiar agar Al-Qur’an senantiasa diakrabi, dipelajari, dipahami dan diamalkan.

Sehingga kedepan diharapkan pada kegiatan MTQ tingkat Provinsi Lampung, kafilah Kabupaten Lampung Selatan dapat mengukir kembali prestasi sebagai juara umum

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai salah satu syiar Islam. Oleh karena itu kita berharap kegiatan STQ ke-IV ini para peserta di Kabupaten Lampung Selatan dapat tampil dengan prima dan berusaha serta berjuang untuk menampilkan yang terbaik,” imbuh Thamrin. (Kmf)

Iklan